Ketum DWP Pusat Ajak Cegah Virus Corona Lewat Germas

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta- Untuk mencegah virus corona, Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan (DWP) Pusat Erni Guntarti Tjahjo Kumolo mengajak para anggota DWP untuk dapat membudayakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). “Sekarang sedang marak adanya virus corona. Tentunya dengan Germas, kebiasaan cuci tangan dengan sabun kemudian perilaku bersih dan sehat akan sangat penting,” ujarnya saat memberikan sambutan dalam acara pengukuhan DWP Instansi Pemerintah Pusat (IPP) Masa Bakti 2019-2024, di Kantor DWP Pusat, Selasa (03/03). 

Oleh karena itu, ia mengingatkan agar para anggota DWP yang terdiri dari istri para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan keluarga dapat mencegah virus dengan menjaga kebersihan, salah satunya sering mencuci tangan dengan sabun. Hal tersebut merupakan salah satu perwujudan dari tiga bidang yang menjadi fokus pemberdayaan DWP Pusat yakni bidang pendidikan, bidang ekonomi, dan bidang sosial budaya. Meningkatkan kesadaran dalam penerapan Germas juga menjadi bagian dari tugas DWP, khususnya di bidang sosial budaya. 

Meskipun cuci tangan biasa dianggap sebagai tindakan sepele, namun menurut Erni manfaatnya sangat besar dan mudah dilakukan di rumah. “Memang kelihatannya sepele, tapi itu yang paling bermanfaat. Selama di rumah ada air, kita bisa mencuci tangan dengan sabun dan tentunya dengan cara yang benar,” katanya. 

Erni mengatakan bahwa pihaknya juga selalu menyosialisasikan kepada para anggota agar mengajak keluarga untuk mencuci tangan dengan cara yang benar. Enam langkah cuci tangan yang baik dimulai dari telapak tangan, dilanjutkan dengan punggung tangan, sela- sela jari, punggung jari, jempol, dan ujung jari. Lebih lanjut disampaikan bahwa setelah munculnya kasus corona di Indonesia, masyarakat diminta untuk tidak panik, yang terpenting adalah melaksanakan pola hidup sehat, dan menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal DWP Pusat Endang F. Atmaji juga mendorong penerapan Germas sebagai langkah pencegahan virus corona. “Corona boleh menggoyang Indonesia, tapi ibu-ibu Dharma Wanita tetap harus jaga kesehatan. Kita lakukan Germas, sadar berperilaku sehat,” pungkasnya. 

Pengukuhan DWP IPP kelompok IV diisi dengan pengukuhan kepengurusan 12 IPP oleh Ketua Umum DWP Erni Guntarti Tjahjo Kumolo. IPP yang masuk pada kelompok IV tersebut yaitu DWP Kementerian Keuangan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Pertahanan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf), Badan Narkotika Negara (BNN), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Badan Narkotika Negara (BNN), dan Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI).

Acara dilanjutkan dengan Sosialisasi Anggaran Dasar DWP yang sudah disempurnakan serta ketentuan seragam DWP dari Sekretaris Jenderal DWP Pusat Endang F. Atmaji. (p/ab)